BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Kerangka Pemikiran Penelitian
Setiap perusahaan memiliki visi dan misi sebagai pedoman dan landasan
dalam melaksanakan semua kegiatan perusahaan termasuk PT KAI Commuter Jabodetabek
yang memiliki visi dan misi yang digunakan sebagai landasan untuk mencapai
tujuan perusahaan. Visi dari PT KAI Commuter Jabodetabek adalah menjadi
penyedia jasa perkereta apian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan
memenuhi harapan stakeholders. PT KAI Commuter Jabodetabek
sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, mencapai kepuasan pelanggannya
dengan menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjang,
melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai
tambah yang tinggi bagi pelanggannya dengan mengutamakan kualitas pelayanan
yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan
pelanggannya. PT KAI Commuter Jabodetabek, memahami bahwa persepsi
kualitas layanan yang baik adalah menurut sudut pandang pelanggannya. Pelayanan
PT KAI Commuter Jabodetabek kepada pelanggannya didasarkan pada suatu
pedoman layanan yang berisi atribut-atribut kualitas pelayanan yang harus
dipenuhi untuk tercapainya kualitas pelayanan yang dapat memuaskan
pelanggannya. Pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta akan menilai kualitas
pelayanan yang dilakukan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek dengan
membandingkan antara tingkat kepentingan (harapan) pelanggan dengan tingkat
kerja (kepuasan) PT KAI Commuter Jabodetabek. Tingkat kepentingan adalah
harapan pelanggan terhadap kinerja PT. KAI Commuter Jabodetabek,
sedangkan tingkat kinerja (kepuasan) merupakan kenyataan yang diterima oleh
pelanggan atas pelaksanaan atribut kualitas pelayanan PT. KAI Commuter Jabodetabek.
Pengukuran kepuasan pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta terhadap kualitas
pelayanan PT. KAI Commuter Jabodetabek dapat dilakukan dengan metode Importantnce
Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfication Index (CSI).
Analisis ini bermanfaat bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat kepentingan
pelanggan dan kinerja perusahaan menurut persepsi pelanggan serta mengetahui
atribut kualitas pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan dan mendorong upaya
perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek,
dalam meningkatkan kepuasan pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta.
3.2.
Lokasi dan Waktu Penelitian
Rencana penelitian akan dilakukan di PT. KAI Commuter Jabodetabek
Stasiun Bogor. Pemilihan lokasi untuk penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive).
Penelitian ini akan dilaksanakan selama tiga bulan.
3.3.
Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari
sumber pertama. Data primer tersebut meliputi pengisian kuesioner oleh
Pelanggan KRL Commuter Line dan
wawancara baik kepada pelanggan maupun pada pada karyawan PT. KAI Commuter
Jabodetabek, serta observasi (pengamatan) yang dilakukan terhadap
aktivitas pelanggan dan kegiatan operasional karyawan PT. KAI Commuter
Jabodetabek. Data sekunder diperoleh melalui studi literatur, baik
yang diperoleh dari data dan dokumen perusahaan, studi pustaka,
internet, dan berbagai sumber lainnya.
3.4.
Metode Pengumpulan Data
Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung,
wawancara, dan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data primer, (kuisioner
pada Lampiran 1), sedangkan untuk mendapatkan data sekunder berasal dari studi
pustaka. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode non probability
sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling. Responden
tersebut adalah pelanggan atau penumpang KRL Commuter Line yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan KRL
Commuter Line Bogor-Jakarta dan
bersedia menjadi responden. Pemilihan tersebut dilakukan setiap hari selama
penelitian pada jam Operasi KRL Commuter Line Bogor–Kota. Jumlah responden
dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dalam Umar (2005)
yaitu:
------to be continued..........in progress
Tidak ada komentar:
Posting Komentar