PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Perkembangan dunia bisnis dari semua sektor baik
barang maupun jasa terus berkembang saat ini. Pergerakan bisnis dengan
mobilitas yang tinggi membutuhkan peranan jasa transportasi sebagai
penyokongnya. Jasa transportasi memiliki peranan yang cukup vital dalam
menunjang mobilitas kegiatan sehari-hari. Jasa transportasi memperlancar roda
perekonomian, memperkukuh persatuan dan kesatuan dan mempengaruhi semua aspek
kehidupan. Pentingnya jasa transportasi tersermin dari semakin meningkatnya
kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang sebagai efek
dari tingkat pertumbuhan jumlah penduduk dan pengembangan pemukiman yang
semakin luas di kota-kota sekitar Jakarta.
Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan bisnis
menuntut orang-orang yang melakukan aktivitas di kota ini untuk memiliki
tingkat mobilitas yang tinggi. Dengan semakin melambungnya harga perumahan di
Jakarta, banyak orang yang bekerja di Jakarta mencari daerah alternatif untuk
pemukiman di kota-kota sekitar Jakarta, salah satunya adalah kota Bogor.
Kebutuhan jasa transportasi pun muncul secara massiv untuk kegiatan sehari-hari
saat berangkat beraktivitas menuju tempat kerja dan sebaliknya. Guna memenuhi
kebutuhan tersebut, maka diperlukannya jasa transportasi yang semakin meningkat
baik secara kuantitas maupun kualitas yang mencakup keamanan, kenyamanan, tepat
waktu dan efisien. Salah satu jasa transportasi yang dijadikan alternatif untuk
memenuhi kebutuhan tersebut adalah kereta api atau dalam lingkup antar kota
Jakarta-Bogor dapat menggunakan KRL. KRL merupakan alat transportasi dengan
multi keunggulan komparatif seperti hemat bahan bakar, hemat energy, rendah
polusi, bebas macet dan bersifat massal. Selain itu KRL juga merupakan alat
transportasi yang adaptif dengan tugas pokok dan fungsi mobilisasi arus
penumpang dan barang di atas rel serta memiliki peran strategi dalam ekonomi
nasional. Berbagai keunggulan komparatif
yang dimiliki KRL di atas diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan guna
menjadi solusi permasalahan trasnportasi perkotaan yang semakin kompleks dan
juga memenuhi harapan masyarakat yang tinggal di luar Jakarta secara umum dan
masyarakat Bogor khususnya yang memiliki aktivitas di kota Jakarta akan adanya
alat transportasi yang dapat melayani kebutuhan mobilitas mereka baik saat
berangkat beraktivitas maupun saat pulang beraktivitas.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai BUMN
pengelola trasportasi kereta api membentuk anak perusahaan bernama PT Kereta
Api Commuter Kabodetabek (PT KCJ) sebagai penyelenggara jasa angkutan kereta
api di daerah Jabodetabek. Pembentukan anak perusahaan ini bertujuan untuk lebih
memfokuskan diri dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat yang tinggal
di kota sekitar Jakarta maupun untuk mobilitas di dalam kota Jakarta melalui
jasa KRL Commuter Line Jabodetabek.
Meskipun saat ini PT KCJ merupakan penyelenggara
tunggal jasa KRL di Jabodetabek, bukan berarti PT KCJ tidak perlu melakukan
peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna jasanya. UU no.27 tahun 2007
tentang Perkeretaapian menjelaskan bahwa pemerintah memberi peluang bagi
perusahaan/badan yang berminat menjadi penyelenggara jasa kereta api, yang
berarti bahwa sewaktu-waktu dapat muncul competitor yang menyaingi PT KCJ dalam
pemenuhan kebutuhan jasa transportasi kereta api. Untuk itu PT KCJ tidak boleh
stagnan dalam peningkatan kualitas pelayanannya.
Keluhan datang dari pengguna jasa KRL Commuter Line Jabodetabek mengenai ;
ketepatan jadwal yang masih sering terjadi
keterlambatan, keamanan dan kenyamanan baik di stasiun maupun di atas KRL yang
belum memadai, ketersediaan petugas dan ketersediaan informasi.
Berdasarkan
latar belakang diatas, penulis menjadi tertarik untuk membuat penelitian dengan
judul “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA
ANGKUTAN KRL COMMUTER LINE
JABODETABEK (STUDI KASUS PADA KRL COMMUTER
LINE BOGOR-JAKARTA)”.
1.2
Rumusan
Masalah
Perumusan
masalah yang akan dikemukakan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1.
Atribut kualitas
pelayanan apakah yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta?
2.
Bagaimana
kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di KRL Commuter Line Bogor-Jakarta yang disediakan oleh PT. KAI Commuter
Jabodetabek?
1.3
Batasan
Masalah
Batasan
masalah yang akan diteliti adalah Analisis
kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan KRL Commuter Line Jabodetabek (Studi kasus
pada KRL Commuter Line Bogor-Jakarta).
1.4
Tujuan
Penelitian
Adapun
tujuan penelitian untuk penulisan ilmiah ini adalah ;
1.
Menganalisis
atribut kualitas pelayanan yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan
pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta.
2.
Menganalisis
kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di KRL Commuter Line Bogor-Jakarta yang disediakan oleh PT. KAI Commuter
Jabodetabek.
1.5
Manfaat
Penelitian
Manfaat
yang dapat diambil antara lain sebagai berikut :
1. Bagi PT. KAI Commuter Jabodetabek, penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai bahan masukan dan pertimbangan
bagi perusahaan dalam merumuskan upaya-upaya dari PT. KAI Commuter Jabodetabek,
dalam menelaah kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta mengetahui tingkat
kepentingan, dilihat dari segi kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat
memenuhi harapan bagi kepuasan pelanggan.
2.
Bagi masyarakat
khususnya masyarakat pengguna KRL Commuter
Line Jabodetabek, hasil penelitian ini sangat berguna sebagai wacana dalam
memberikan masukan, saran dan pandangan kepada perusahaan untuk peningkatan
mutu/kualitas layanan serta pencapaian kepuasan pelanggan.
3. Penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan untuk
melaksanakan penelitian lebih lanjut.
1.5.1
Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup dari
penelitian ini adalah terbatas pada analisis atribut kualitas pelayanan yang
dianggap penting oleh pelanggan, analisis kinerja PT. KAI Commuter Jabodetabek
terhadap atribut kualitas pelayanan yang menentukan kepuasan pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta, analisis kepuasan
pelanggan terhadap kualitas pelayanan di KRL Commuter Line Jabodetabek Bogor-Jakarta dan melakukan Uji Chi
Square untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pelanggan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta dengan
tingkat kepuasannya.
izin ambil materi ya :)
BalasHapusIzin ambil materi ya
BalasHapus